Batu Giok merupakan salah satu Batu Permata yang populer saat ini. Hampir 90% Pecinta Batu Permata di Dunia, Tahu Jenis Batu Permata yang satu ini. Batu Giok ini merupakan batu yang sudah lama dikenal di Indonesia, hanya saja sejak ada “trend” batu akik di Indonesia, Batu berwarna hijau ini menjadi populer kembali dan berharga mahal.

INSIDE : Persebaran Batu Giok lebih banyak ada di Daerah China, Burma, Colombia, Guetalama, Meksiko, Rusia, Amerika Serikat, Indonesia, dan Sebagian Di Australia.”

Persebaran Batu Giok
Sumber Gambar Dari http://id.wikihow.com

Nah, Karena Batu ini sangat banyak dicari dan punya nilai jual yang baik, maka banyak oknum yang kemudian dengan sengaja membuat Batu Giok Palsu. Untuk itu, khusus pada Artikel ini saya akan membahas secara khusus tentang Cara Tes Batu Giok yang baik dan sesuai standar pecinta batu permata di Indonesia.

Namun, Sebelum mengetahui lebih jauh tentang cara tes batu ini, Ada baiknya jika saya bahas terlebih dahulu tentang karakteristik dan kekhasan Batu Giok itu sendiri. Kenapa saya perlu membahas hal ini ? Karena pada kenyataannya banyak pecinta batu akik atau permata diluar sana, yang masih belum mengetahui jika Batu Giok ternyata memiliki ciri atau karakter yang berbeda dengan yang lainnya. Apa Saja Karakter Batu Giok tersebut ?

BACA : 4 Hal Yang Membuat Batu Giok Diminati Masyarakat Indonesia

 

1.Batu Giok Memiliki Tingkat Kekerasan 7 Mols

Seperti Halnya, Jenis Batu Agate lainnya, yang memiliki Kekerasan 7 Mohs Jika Diukur Dengan Diamond Selector. 7 Mohs Merupakan Ukuran standart Batu yang bersifat alamiah dan persebarannya di wilayah-wilayah yang memiliki kecenderungan suhu Dingin dan Berair. Seperti di Pegunungan dan Perbukitan.

diamondselector

2.Ternyata Batu Giok Tidak Hanya Memiliki Warna Hijau Ternyata Ada Pula Yang Berwarna Lain.

Ya, Memang Kebanyakan Orang menganggap jika Batu Giok hanya memiliki warna Hijau.

Padahal sebenarnya Tidak. Suhu dan Iklim di daerah tertentu sangat berpengaruh pada warna Batu Giok. Misalnya, Giok China yang ditemukan disekitar dataran Tibet akan memiliki warna hijau yang lebih pekat, dibandingkan dengan Batu Giok Sungai Dareh Yang Ada di Indonesia.

Nah Selain Warna Hijau, Ada pula Batu Giok yang berwarna merah dan Putih. Misalnya Batu Giok Merah yang sangat langka saat ini dan termasuk dalam The toughestgemstone yang mana kekerasannya konon mengungguli Batu berlian.

 

3. Batu Giok Cepat Menyerap Panas.

Salah satu Karakteristik yang khas dari Batu Giok Adalah Batu Ini Cepat Menyerap Panas atau jika di pegang batu giok yang asli akan terasa Dingin. Hal tersebut dikarenakan Batu Giok Mengandung Banyak Mineral Air dan Udara sehingga lebih mudah menyerap panas yang ada disekitarnya.

 

4. Secara Energi Batu Giok Memiliki Energi Yang Sejuk, Sehingga Pemakainya Bisa Merasa Lebih Segar dan Sehat.

Para Praktisi Energi banyak yang percaya bahwa Batu Giok merupakan Batu Anahata (Batu Cakra Jantung). Yang Mana karakter dari Energi batu Anahata adalah memiliki frekuensi energi yang lembut dan sejuk. Sehingga Sangat cocok digunakan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh yang sedang sakit atau untuk pengobatan alternatif lainnya.

 

5. Tekstur Batu Giok Lebih Halus

Salah satu keunikan batu ini, adalah Teksturnya yang halus. Jika Dipegang pada permukaannya akan sedikit licin.

 

6. Batu Giok Tahan Gores.

Karena Kekerasan Batu Ini mencapai 7 Mols maka Batu Giok tidak akan mudah tergores jika harus digoreskan pada sesama batu atau kaca.

 

7. Warna Batu Giok Tidak Akan Mudah Pudar.

Karena Kandungan Mineral yang membentuk warna tersebut, maka tidak akan mudah pudar meski terkena panas matahari dan terkena air berkali-kali. Bahkan Batu giok akan berwarna semakin tua dan bagus jika memiliki umur yang tua.

Baik, Anda Sekarang Sudah Tahu Karakteristik atau Ciri dari Batu Giok. Selanjutnya saya akan beritahukan cara tes batu giok.

Ada 5 Cara tes yang akan saya tulis disini. Cara ini meliputi cara tradisional secara fisik dan juga melalui deteksi energi.

1. Lempar Batu Giok Ke Udara dan Tangkap Dengan Telapak Tangan.

Batu Giok Umumnya lebih berat dibandingkan dengan Batu Pada Umumnya. Untuk itu Jika Anda merasa bahwa Batu tersebut lebih berat dibandingkan Batu Biasa yang berukuran sama jika Anda lempar – Tangkap, maka bisa dikatakan Batu Giok Asli.

Sebaliknya, jika Batu tersebut terasa lebih ringan dan ngambang ketika di lempar-tangkap maka bisa dikatakan Batu Giok tersebut Palsu.

cara tes batu giok 1Sumber : id.wikihow.com

2. Gesekkan Dua Batu Giok Satu Sama Lain.

Cara Tradisional untuk mengetahui Batu Giok tersebut Asli atau tidak adalah dengan menggesekkan Batu Giok satu sama lain. Jika Batu Giok yang digesekkan tersebut memunculkan Percikan Api dan tidak gores maka bisa dikatakan bahwa Batu Giok tersebut Asli.

Namun, jika Batu tersebut tidak memunculkan percikan api dan jika dibenturkan terdengar seperti bunyi plastik, bahkan muncul goresan pada Batu, Maka Bisa Dikatakan Batu Giok Tersebut Palsu.

Cara test giok
Sumber : http://id.wikihow.com

 

3. Pegang Batu Giok Di tangan Anda.

Batu Giok Asli Akan terasa Lebih Dingin dan halus di tangan Anda. Untuk membuat Batu Giok lebih Hangat Perlu beberapa waktu. tes ini cocok untuk membandingkan batu giok Asli dengan ukuran yang sama.

cara tes batu giok2Sumber : http://id.wikihow.com

4. Goreskan Batu Giok Pada Kaca.

Ambil Batu Giok Kemudian Goreskan Pada Kaca. Jika Kaca Tergores maka itu Batu Asli. Mengapa Demikian ? ya Karena Tingkat Kekerasan Batu Giok Mencapai 7 Mols, Sedangkan Kaca Dibawah 7 (Berkisar 5-4 Mols). Oleh Karena itu, Kaca akan kalah jika digores dengan Batu Giok.

Namun, Anda harus berhati-hati karena jika Anda menggoreskannya dengan kaca sembarang, maka bisa jadi yang punya kaca marah dan minta ganti rugi pada Anda. Untuk itu, Gunakanlah kaca Anda sendiri untuk menggoreskannya.

cara tes batu giokSumber : id.wikihow.com

 

5. Dengan Membakar Sehelai rambut diatas Batu Giok.

Cara tes kelima ini adalah untuk membuktikkan, kekerasan sekaligus sifat giok yang mudah menyerap panas. Ambil Sehelai rambut dan lingkarkan di atas permukaan batu giok. Kemudian Bakar Rambut tersebut, jika rambut tersebut tidak putus, maka Batu Giok tersebut Adalah Asli dan Jika Rambut Putus maka bisa dikatakan itu Palsu.

cara tes giok dengan bakar

Mengapa Demikian ? Ya karena Batu Giok Asli lebih mudah menyerap panas. Sehingga tingkat panas yang menyentuh rambut tidak sampai pada titik lebur rambut, yang akhirnya mengakibatkan Rambut tidak putus.

 

Yah.. Itulah 5 Cara Tes Batu Giok Versi Kami… Semoga Bermanfaat Untuk Anda. Sebagai Informasi Kelima cara diatas merupakan tes/pengujian yang kami lakukan untuk Menguji Batu Giok Aura yang ada di website ini. Sebenarnya masih banyak pengujian yang dilakukan oleh Ibu ratu Aura untuk menciptakan Batu Giok Aura.

batu giok

Selain tes secara fisik, Ratu Aura juga melakukan pendeteksian energi dan juga pemrosesan energi secara khusus yang bertujuan untuk meningkatkan manfaat nya. Untuk Mengetahui Lebih Lengkap Seputar Batu Giok Aura Silakan Anda Kunjungi Halaman Depan Website ini.